GET THE FULLY FUNCTIONING SELF

April 1, 2013

Ketika Pernikahan Harus Berakhir

Filed under: Psikologi — by chandraniafastari @ 6:24 am
Tags: , ,

Kemarin di pernikahan Opik, ketemu seorang dosen yang katanya sudah bercerai dari suaminya. Berdasarkan informasi dari mahasiswa-mahasiswanya, dosen tersebut memang jarang berbagi mengenai kehidupan pribadinya, terutama pernikahannya. Paling banter beliau berbagi tentang anaknya. Ketika berbicara mengenai relasi perempuan dan laki-laki dalam pernikahan, beliau menekankan pentingnya kenyamanan di dalamnya. Apabila salah satu dari pasangan tidak bisa berkembang dan merasa tidak nyaman tanpa adanya titik temu yang mampu memperbaiki keadaan tersebut, hubungan tidak perlu dilanjutkan alias bercerai. Kadang saya merasa ada pesan-pesan subjektif yang terselip dari pernyataan beliau…tetapi setelah saya telaah lagi, apa yang disampaikan bukan hal yang salah. Bukankan dalam pernikahan memang dibutuhkan kenyamanan? Bukankah jika semua upaya telah dilakukan dan akhirnya mentok, bercerai bisa menjadi solusi? Untuk apa bertahan dalam pernikahan yang menyiksa hanya karena mempertimbangkan kesejahteraan anak-anak (bagi yang telah memiliki keturunan)? Bukankah dengan diakhirinya pernikahan akan lebih membebaskan himpitan dan tekanan psikis seseorang?
Saya hanya mencoba berempati pada orang-orang yang tidak bisa lagi melanjutkan ikatan pernikahan. Sangat mungkin permasalahan yang mereka hadapi sudah sangat pelik dan tidak menemui solusi terbaik. Jika memang cinta, seharusnya saling belajar untuk merespon kebutuhan pasangan DENGAN TEPAT. Belajar adalah bukti kesungguhan… Sementara enggan belajar dan tidak mau introspeksi serta mengakui kekurangan adalah bentuk kesombongan.
Dalam salah satu twit-nya di @JamilAzzaini, Kakek Jamil menuturkan, saya agak lupa persisnya, tetapi kira-kira begini: pernikahan adalah ibadah yang paling lama, untuk itu carilah pasangan yang mau belajar dan terus berbenah. Semoga Allah memampukan kita dalam menjalankan amanah rumah tangga ini. Aaamiin…

About these ads

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Toni Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: