GET THE FULLY FUNCTIONING SELF

October 26, 2010

Babysitter Daarut Tauhid (1)

Filed under: Keluarga — by chandraniafastari @ 11:48 am
Tags: , ,

Ibu-ibu, pasti pernah dengar Babysitter binaan Daarut Tauhid kan? Pasti diantara ibu-ibu pengen tau gimana evaluasi saya terhadap Babysitter (BS) yang dibina oleh DT ini. Ohya, kalau tidak salah, sejak tahun kemarin, BS yang awalnya dibina oleh Muslimah Center-nya DT ini pengelolaannya dialihkan kepada GSP, kalau tidak salah juga, pengelolaan ini masih dibiayai oleh diknas (maaf nih kurang yakin, tetapi kira-kira begitu lah).
Aku menjadi pengguna jasa BS sejak Desember 2008. Saat itu, BS yang disalurkan kepada pengguna jasa adalah BS angkatan ke-8. Setiap calon pengguna jasa BS diwajibkan mengikuti semacam pelatihan yang diadakan pengelola, hari Sabtu malam sampai Minggu sore. Peserta disediakan tempat untuk menginap. Tempatnya nyaman, bersih, dan boleh bawa anak. Awalnya aku agak keberatan kalau aku harus bermalam di DT, karena kasian Haidar kalau ditinggal, usianya saat itu 20 bulan, masih menyusu. Tetapi alhamdulillah pihak pengelola tidak melarang bahkan membolehkan aku dan beberapa ibu untuk membawa anaknya. Pelatihan Ibu
Materi yang diberikan di pelatihan ibu itu seputar fitrah wanita, hak dan kewajiban wanita di berbagai setting. Dibahas juga mengenai wanita bekerja yang akhirnya memang membutuhkan asisten untuk membantu penyelenggaraan rumah tangga, termasuk di dalamnya pengasuhan anak. Tujuannya agar kita benar-benar memahami posisi kita sebagai wanita, yakni sebagai istri, ibu, dan bagian dari masyarakat.
Materi lain yang disampaikan adalah mengenai babysitter binaan mereka. Mereka memaparkan program BS secara lengkap. Ternyata para BS yang dibina ini dites terlebih dahulu dan harus memenuhi beberpaa persyaratan, antara lain: merupakan kaum dhuafa (baca: tidak mampu secara ekonomi), lulusan SMP atau SMA, bisa baca Al Qur’an, lulus tes wawancara. Setelah resmi diterima, BS dibina selama 2 bulan; 1 bulan diberi materi dalam kelas, 1 bulan sisanya BS magang di beberapa mitra dan ada pula yang magang di panti asuhan.
Para ibu calon pengguna jasa BS diberi pemahaman bahwa BS ini berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah, jadi mereka menghimbau para ibu untuk bisa mengerti karakter umum BS dan lebih memaklumi jika ada kekurangan di sana-sini. Pengelola BS sudah berusaha maksimal memberikan pelatihan ketrampilan sebaik mungkin dan berusaha membina BS agar berakhlak islami saat bekerja, tetapi pengelola menekankan kepada para ibu agar tetap memonitor BS, karena bagaimanapun sempurnanya materi pelatihan diberikan oleh BS selama 2 bulan tidak selalu dapat menjamin output BS yang baik. Jadi, kurang tepat juga kalau kita menganggap BS ini sempurna (biasanya para ibu selalu membayangkan BS binaan DT ini serba OK kan?).
Nah, untuk pengambilan babysitter ini, para ibu dikenakan biaya Rp 900.000,-. Gaji BS perbulan adalah Rp 600.000,- dan dibayarkan setiap bulan, setiap 6 bulan sekali, gaji BS naik Rp 50.000,-. Ohya, setiap bulannya, BS berhak cuti selama 2 hari, jika tidak cuti, BS mendapatkan kompensasi sebesar Rp 50.000,- perharinya (jadi mending suruh cuti aja ya Buuu, lumayan 100rb🙂 ). Selain itu, ada kegiatan pembinaan rutin setiap 3 bulan sekali yang harus diikuti oleh BS, waktunya adalah saat mereka cuti. Secara umum kelihatannya peraturan-peraturan ini tidak jauh berbeda dengan yayasan-yayasan BS yang ada ya?

Yah, itu dia sekilas cerita mengenai pengambilan BS-nya DT. Lumayan merepotkan tetapi saya pribadi appreciate, dan merasa mendapatkan manfaatnya. Untuk review BS-nya sendiri, nanti aku tulis tersendiri ya… Terima kasih

27 Comments »

  1. Sis,review bs DT aq tunggu loh..
    Soalnya aq jg lg nyari bs en kyknya bs DT jd pilihanku..
    Baru mau ambil awal taon depan sih..

    Comment by hayla — October 29, 2010 @ 5:25 pm |Reply

    • Salam kenal Mba Hayla… Ok Mba, insyaAllah segera bikin review-nya. Ohya kmrn aku juga dapat SMS dari pengelola, ada beberapa perubahan utk pengambilan BS, khususnya mengenai besarnya gaji dan cara membayarkan gaji. Skrg pengambilannya 1,3jt, gaji babysitter 750rb-950rb perbulan tergantung grade-nya, grade-nya itu ditentukan oleh pengalaman dan berapa lama ia sudah menjalankan profesinya sebagai BS. Nanti aku tulis dulu ya, kuusahakan segera.

      Comment by chandraniafastari — October 29, 2010 @ 6:30 pm |Reply

      • Mba… masih ada program BS dari DT? untuk sistem pengambilan dan gajinya berapa sekarang? saya sedang butuh sekali. terimakasih.

        Comment by mira — June 11, 2011 @ 12:32 pm

      • Setau saya April kemarin seharusnya ada mba, tetapi karena peserta calon BS yang mendaftar hanya 8 orang, jadi tidak diadakan trainingnya. Skrg ini belum ada BS lagi.

        Comment by chandraniafastari — June 12, 2011 @ 1:28 pm

  2. Oke2.. Ditunggu reviewnya..🙂

    Comment by hayla — October 30, 2010 @ 6:41 pm |Reply

  3. bisa minta no telp yayasannya yg bs d hub?

    Comment by rusda — October 13, 2011 @ 4:10 pm |Reply

  4. Mbak, PRT / babysitternya bs dibawa keluar kota ga? Soalnya saya tinggal di riau. Skrg biayanya sdh brpa masing2 utk PRT dan Baby sitter. Trmksh

    Comment by bunda hasya — March 7, 2012 @ 5:02 pm |Reply

    • Mba, denger2 sih sekarang mereka udah ga rekrut BS lagi, paling2 kalau BS yang lama ada yang nganggur baru mereka salurkan. Saya juga ga punya nomor pengurusnya karena nomor yang lama udah ga aktif.

      Comment by chandraniafastari — March 9, 2012 @ 4:20 pm |Reply

  5. saya mencri seorang beby sister alamat saya kota pinrang sulawesi selatan

    Comment by H. Andi Muh. taufiq — March 28, 2012 @ 6:46 am |Reply

    • Maaf Pak, setau saya sekarang DT tidak merekrut BS lagi sejak 2 tahun yang lalu.

      Comment by chandraniafastari — June 1, 2012 @ 3:04 pm |Reply

  6. ass.wr.wb, mbak q juga lg butuh BS nih, kira2 msh ada yg nganggur gak ya minta bagi infonya trimakasih

    Comment by yati prasetyo — April 8, 2012 @ 10:37 pm |Reply

    • Maaf baru baca komennya, mba.. setauku sekarang BS udah pada kerja semua, belum ada yang nganggur. tks

      Comment by chandraniafastari — June 1, 2012 @ 3:03 pm |Reply

  7. Assalamualaikum Wr Wb.
    Mbak, srkg DT masih nyalurin BS ga? Saya lagi butuh untuk bayi 18 bulan daerah Cimahi – Bandung. Brp pengambilan sama gaji perbulannya. Mohon bantuannya mbak.
    Thanks. Wass..

    Comment by Reny — January 9, 2013 @ 8:01 am |Reply

  8. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Mbak Kalo kita berminat BS DT menghubungi kemana ya? saya butuh banget. Terima kasih.

    Comment by litanofa — October 29, 2013 @ 12:26 pm |Reply

  9. mbak, saya minta CP yayasan daarut tauhid. saya sangat membutuhkan babysitter utk domisili di jogja. terima kasih.

    Comment by rizki kurnia — March 7, 2014 @ 9:37 am |Reply

  10. mbak, baru saja saya telpon Yayasan DT. Tapi ternyata skrg mereka sudah tidak menyalurkan BS lagi sejak 2,5 tahun terakhir. cukup kecewa saya krn saya dengar review pengguna yayasan ini baik sekali. selain itu kredibilitas DT sbg perusahaan Islami juga sangat baik dan saya berharap bisa bekerja sama dgn DT dalam pengasuhan anak saya.

    Comment by rizki kurnia — March 7, 2014 @ 9:41 am |Reply

    • Iya mbak..sayang sekali program bs-nys sudah berhenti. Saya pernah menggunakan jasa bs DT selama 4 tahun alhamdulillah sangat puas dengan kinerjanya. Mudah2an segera dibuat lagi programnya, dan mba segera dapat orang utk membantu menjaga anak2 mba. Aaamiiin

      Comment by chandraniafastari — March 7, 2014 @ 11:35 am |Reply

      • aamiin. terima kasih doanya mbak. kalau boleh tahu, mbak sekarang menggunakan jasa BS dari mana? iya mbak, padahal saya sgt berharap pada DT ini. sampai saya telpon DT Jakarta juga, ternyata yg menyalurkan BS hanya DT bandung.

        Comment by rizki kurnia — March 7, 2014 @ 12:38 pm

      • Sekarang sudah ga pakai bs lg mba. Kemarin pakai bs sampai bulan desember 2012.

        Comment by chandraniafastari — March 7, 2014 @ 12:44 pm

  11. Assalamu’alaikum wr.wb
    Mbk2 masih nyari bs?
    Ada rekomendasi nih, akhwat, jujur insyaa Allah

    Comment by Ros Suziana — November 27, 2014 @ 10:14 am |Reply

    • Assalamu’alaikum..mba..saya mau dong kl ada info tuk bs or prt yb bisa ngasuh anak, anak saya dua usia 3,5th (playgroup) dan 2th, keduanya perempuan…syukron sebelumnya..kl ada info bs inbox saya di fb ya..(lidianti lg)

      Comment by Lidia — January 5, 2015 @ 8:00 am |Reply

    • Assalamu’alaikum mbak ros.. Msh bersedia kerjakah akhwat yg dimaksud? Bisa kontak sy di no 0896.1467.9093. Jazakillah khoir

      Comment by Suhendra — January 23, 2015 @ 8:31 pm |Reply

    • Assalamualaikum mbak ros suziana.. Masih bersedia bekerja kah org yg di maksud? Anak kami saat ini 2 org, prmpuan 2 th dan bayi laki laki 2 bln. Istri full ibu rmh tangga. Dan sebagian besar ngurusin anak2 kami. Kami mencari muslimah yg taat agama, jujur, penyabar, sayang anak, sehat dan rajin.. Utk membantu kami ngasuh si kk ketika istri sdg ngurus yg baby.. Bersedia bantu masak yg mudah2 saja.. Cuci, setrika dan beres2. Jika berkenan silakan hub kami. Gaji bisa nego.. Jazakumullahu khoiron katsir

      Comment by Suhendra — January 23, 2015 @ 8:53 pm |Reply

  12. dear bu chandra, punya info yayasan baby sitter yg recommended di bandung ga? selain yayasan DT tentunya karena yayasan tsb sudah tidak menyediakan suster😦
    atau siapa tau mba yang lagi ngasuh si kecil di rumah ibu punya kenalan/teman yang bersedia menjadi pengasuh? nantinya pengasuh tersebut akan dibawa ke denpasar karena saya akan bekerja di sana. tapi saya asli bandung.
    bu, mohon kabarin ya kalau ada. saya lagi butuh banget soalnya. makasih banyak sebelumnya^^

    Comment by Rista Nurfarida — March 15, 2015 @ 4:48 pm |Reply

  13. sy minat utk ambil jasa BS tlg donk info nya brp biaya utk ambil dr yayasan dn brp gaji nya. mkc di tngu info nya

    Comment by rani octaviani — October 3, 2016 @ 4:06 am |Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

