GET THE FULLY FUNCTIONING SELF

December 8, 2010

Babysitter Daarut Tauhid (2) — REVIEW

Filed under: Keluarga — by chandraniafastari @ 7:38 am
Tags: , ,

Aku coba menuliskan semacam testimoni untuk BS-nya Daarut Tauhid. Sekedar informasi, sejak Desember 2008 sudah 3 orang BS yang membantu aku. Yang pertama, hanya bertahan 2 bulan. Dia memutuskan keluar karena ingin kerja dekat rumahnya, di Ciwidey. Ternyata dia sudah punya anak, usianya tidak jauh dengan usia Haidar. Sebenarnya aku juga terkejut, tidak menyangka si BS ini sudah punya anak, karena setauku salah satu persyaratan untuk jadi BS adalah masih lajang. Aku tidak mengerti bagaimana caranya dia sampai lulus seleksi. Si BS-ku ini baru saja bercerai dengan suaminya. Kasian ya… Ups mari kita lanjut lagi. Selanjutnya BS kedua, bertahan selama 1,5 tahun (Maret 2009-September 2010). Dia berhenti kerja karena menikah. BS yang ketiga baru saja bekerja tanggal 20 Oktober 2010 kemarin. Alhamdulillah, sejauh ini BS yang ikut aku tidak pernah mengecewakan. Berikut ini ulasan singkatnya:

– Tentu mereka berpakaian muslimah; aurat tertutup, berkerudung. Seragam mereka adalah setelan celana dan blus selutut berwarna biru muda. Seragam ini tidak wajib dipakai, tergantung keinginan kita; ibu pengguna jasa. Aku sendiri tidak mewajibkan pemakaian seragam, aku menekankan kepada mereka agar berpakaian santun dan nyaman, tidak mengganggu pekerjaan.
– Mereka relatif mudah memahami penjelasan dan perintah. Dugaan saya sih, hal ini dikarenakan mereka adalah lulusan SMA atau sederajat. Aku membayangkan jika BS bukan lulusan SMA atau SMP, kemungkinan mereka akan menghadapi kendala dalam berkomunikasi; sulit memahami dan mencerna pesan yang kita sampaikan.
– Cukup sabar dalam mengasuh anak. Barangkali hal ini merupakan efek training ya, yang salah satu materinya adalah mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak. Walaupun materinya tidak terlalu mendalam, secara umum mereka mengetahui milestone perkembangan anak secara garis besar. Pengetahuan yang mereka miliki ini cukup memudahkan aku untuk berdiskusi dengan si BS terkait perkembangan anak-anak. Misalnya, anakku yang usianya 3 tahun, saat ini sedang dalam masa-masa membangkang, tidak menuruti perintah. Energinya besar, rasa ingin tahunya tinggi, dan sering sekali menanyakan segala yang ingin diketahuinya kepada BS. BS saya kewalahan, tetapi dia berusaha memahami bahwa memang pada usia tersebut anak sangat aktif dan “nggak ada capeknya”, akhirnya dia berusaha meladeni anak, bertanya kepadaku bagaimana cara meladeni anakku itu.
– Urusan kebersihan dan kerapian, misalnya pakaian anak, kamar tidur, perlengkapan anak, mainan anak, aku puas dengan kinerja mereka. Memang kadang-kadang mereka kurang inisiatif , tetapi setelah aku telusuri mereka tidak berinisiatif karena takut salah, jadi solusianya adalah kita berikan panduan kerja yang jelas, dan mintalah mereka untuk bertanya jika bingung, himbaulah agar tidak diam saja.
– Kebersihan diri BS. Ada salah satu BS yang bau badan (baca: bau ketek) dan ini sangat mengganggu. Bisa dibayangkan bagaimana aroma anak kita setelah digendong BS yang bau ketek? Ya, otomatis anak kita jadi ikut bau! Bau ketek ini sangat serius, ibu-ibu! Polusi! Selain itu aku pernah mengajak BS pergi dengan mobil, dan saat dia masuk mobil langsung bau menyengatnya itu menyebar ke seluruh sudut mobil, baunya pun susah dihilangkan karena AC mobil dinyalakan… Ya ampun, aku sempet bingung bagaimana menyelesaikan hal yang satu ini. Kebetulan BS ini orangnya sangat sensitif, mudah tersinggung, sehingga aku harus cari cara yang tepat agar dia tidak tersinggung. Ahahahaa…untungnya aku menemukan cara yang efektif dan sekarang bau keteknya sudah hilang. Aku coba memahami saja, mungkin mereka kurang memperhatikan, tidak merasa, atau tidak mengerti bagaimana mengatasi polusi tersebut🙂

Apalagi ya? Aku rasa secara garis besar cukup ya reviewnya. Hal utama yang aku rasa perlu ketika kita menyewa BS adalah dengan memahami karakter BS tersebut. Setiap orang adalah unik, dan dengan memahaminya secara utuh, kita akan mudah menentukan pola komunikasi agar kedua belah pihak bisa menangkap pesan dengan tepat, so semua akan merasa diuntungkan. Mudah-mudahan membantu ya Moms… ditunggu deh komennya ya…

10 Comments »

  1. Mba, mau tanya, BS dari Daarut Tauhid ini berapa ya gajinya? Mba dulu ambil yg masih pemula ato pengalaman?Trus adminnya berapa?
    Oh iya, nomer telpon Penyalur babysitter DT brapa mba? thanks ya

    Comment by riyanti — February 4, 2011 @ 10:14 pm |Reply

    • Saya ngambil tahun 2008, Mba, waktu itu 900rb, pemula…gaji perbulan 600rb, setiap 6 bulan naik gaji 50rb. Kalau sekarang pengambilan pertama 2,1jt, gaji perbulan 750rb utk pemula, kalau berpengalaman bisa lbh dari itu. Contact personnya Pak Komar di 022-70725705, kalau ga salah bulan April baru ada BS lagi Mba. trims

      Comment by chandraniafastari — February 8, 2011 @ 1:37 pm |Reply

  2. hai mba, saya mau ngambil baby sister gmn caranya mba? mohon bantuannya

    Comment by elien — September 24, 2011 @ 5:17 pm |Reply

  3. mba, kalo BS tu cuma sampai kita pulang kerja atau menginap di rumah kita?

    Comment by husna — July 16, 2012 @ 1:10 pm |Reply

  4. Ass,Aq butuh BS muslimah,untk daerah surabaya,apa aq bs dibantu

    Comment by andi — October 23, 2012 @ 7:56 pm |Reply

    • Mohon maaf Mba, setau saya sekarang DT sudah tidak merekrut babysitter lagi. Kalo saya masih pakai babysitter angkatan 2008.

      Comment by chandraniafastari — October 24, 2012 @ 5:54 am |Reply

      • Gimana Cara nanggulangin, bilangin BS yg bau badan ya? Soalnya BSku jg orangnya sensian. Hadehh aku takut Anakku tertular bau badannya. Dikasi deodorant ga mau alasannya ga biasa pake merk Rex*** biasa pake merk mahal yg 100rb an -_-“

        Comment by cinta damai — February 9, 2014 @ 8:13 pm

      • Wah repot juga kalo minta yg 100rb ya Mba… kasi aja bedak MBK..bilang sama dia yang penting ampuh ngatasi bb..

        Comment by chandraniafastari — March 4, 2014 @ 11:14 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

