GET THE FULLY FUNCTIONING SELF

December 17, 2010

Meler dan Demamnya Aa Haidar

Filed under: Amazing Children,Keluarga — by chandraniafastari @ 2:40 pm
Tags: , , , , ,

Dua hari yang lalu, Haidar (3 tahun 9 bulan) demam, matanya berair, pipinya merah. Seperti biasa, orang-orang rumah panik dan menanyakan padaku apakah Aa sudah diberi obat? Aku jawab bahwa sementara ini tampaknya Aa belum perlu obat, toh hanya bersin-bersin, meler, dan demam yang tidak terlalu tinggi (aku juga ngga ngecek pakai termometer, dugaanku ini adalah flu biasa, mengingat semalam sebelumnya dia tidur terlalu malam dan cuaca di Bandung sedang dingin-dinginnya). Berdasarkan guidance dalam file penanganan common cold and fever yang ada di milissehat, aku terapkan hal-hal yang disarankan. Aku biarkan dia berendam di air hangat, makan sayur dan buah lebih banyak dari biasanya, istirahat siang, dan yang terpenting adalah memperbanyak asupan cairan. Alhamdulillah, Aa tidak rewel dan tidak menolak itu semua meskipun agak lama saat diperintahkan untuk bobo siang dan minum lebih banyak. Berbeda ketika disuruh berendam di ember berisi air hangat 10 liter, dia sangat bersemangat, bahkan ngga mau berhenti, tetapi karena cuaca dingin aku harus sedikit tega membatasinya. Cairan yang aku sediakan buat Aa selain air putih adalah air+madu, madunya diencerkan dengan air dingin, lalu diberi sedikit air hangat. Sebenarnya bisa saja Aa aku suapi sesendok madu, tetapi dalam rangka memperbanyak asupan cairan, aku encerkan madunya. Minum air madu ini, Aa keliatan kurang suka, katanya terlalu manis, jadi tadi pagi aku kurangi jumlah airnya jadi 1/3 gelas, dan syukurlah dia dengan menghabiskannya walaupun tetap protes kemanisan. Aa memang tidak terlalu menyukai rasa manis, kecuali coklat. Setiap 30 menit aku ingatkan dia untuk meneguk setengah gelas air putih, dengan iming-iming kalau sudah sehat nanti diajak berenang oleh Bapaknya…hihiii dia makin bersemangat.
Hasilnya, alhamdulillah, pagi ini suhunya sudah normal, tidak meler, matanya tidak kelihatan berair lagi. Alhamdulillah, relatif cepat, hanya dalam kurang dari 72 jam kondisinya sudah membaik, aku yakin ini juga khasiat dari pemberian ASI sejak dia berusia 0-26 bulan sehingga tubuhnya cepat pulih saat sakit. Hari ini dia sudah aktif lagi. Meskipun begitu, aku tetap menyuruhnya tidur siang dan minum lebih banyak dari biasanya, supaya kondisinya benar-benar bugar dan bisa berenang sesuai yang dijanjikan oleh Bapak dan Ibunya. Sekarang dia lagi bobo sama AdiDa (Adik Nada)…

bobo siang bareng


Jadi, kalo anak sakit, tenang, observasi, dan terapkan home treatment… Obat ga perlu diberikan dalam kasus ini karena tubuh punya cara sendiri untuk mengatasinya. Ingat-ingat ya, pada dasarnya obat adalah racun, kasihan kan tubuh anak kita kalau sedikit-sedikit diberi obat, padahal ada cara yang lebih sederhana dan masuk akal untuk menangani sakit yang dialaminya. Semoga berguna ya….

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

