GET THE FULLY FUNCTIONING SELF

December 9, 2011

Untuk Sebuah Tanya

Filed under: Psikologi — by chandraniafastari @ 12:57 am
Tags: , ,

Saya baru mengerti, betapa garis hidup ini begitu cermat mengatur saya. Setiap peristiwa dalam kehidupan saya, ternyata seluruhnya terprogram begitu baik oleh Sang Pemberi Hidup dengan tujuan melindungi saya, menjaga saya, dan menuntun saya agar selamat. Dengan garis hidup tersebut saya dijauhkan dari berbagai hal kontroversial yang bisa saja saya jadikan pilihan hidup, misalnya tidak menikah (untungnya 6 tahun lalu saya dipertemukan dengan jodoh saya, jika tidak? Wow….)
Belakangan ini saya beberapa kali merenung dan membayangkan, apa jadinya jika di saat usia 27 tahun ini saya belum menikah? Tidak perlu berlama-lama menemukan jawaban, pasti saya memilih untuk sendiri; tidak menikah. Saya akan lebih nyaman dengan kesendirian. Saya mampu hidup dengan kenangan-kenangan indah yang pernah saya lalui bersama orang-orang yang pernah berarti di sebuah masa dalam hidup saya. Kenangan-kenangan tersebut sanggup memberikan energi bagi saya untuk jalani hidup. Saya merasa sudah cukup dengan memiliki orang tua, saudara-saudara, sahabat-sahabat, dan orang-orang baik lainnya sekeliling saya. Kebaikan, kasih sayang, dan kebersamaan dengan mereka bagi saya cukup.
Saya membayangkan jika masih lajang, saya pasti sibuk dengan berbagai pekerjaan dan jalan-jalan. Saya akan mengantar mama ke pasar atau kemanapun mama pergi. Saya akan mendatangi kota-kota yang pernah jadi tempat tinggal saya, bertemu orang-orang lama. Orang-orang lama yang masih berhubungan baik. Merekalah bagian dari sejarah, yang dapat kusebut ‘kenangan’ dan amat kupercaya mampu memberikan energi di masa kini.
Saya melihat beberapa kejadian dan kemudian menjadi sering berpikir, bagaimana bisa 2 orang sahabat lama yang tidak berjumpa belasan tahun, saat bertemu terlihat luwes dan masih sebaik belasan tahun lalu? Padahal saat itu belum ada alat komunikasi dan gadget-gadget secanggih hari ini. Mereka saling memeluk, menangis, tertawa, melepas rindu. Begitu bahagia.
Saya pun terheran-heran melihat semacam energi kehidupan pada seorang nenek berusia 90-an tahun saat ia bercerita kisah-kisah indah dalam hidupnya dengan raut wajah riang, intonasi yang stabil, serta gerak tubuh yang padu dengan ceritanya.
Bagaimana bisa? Saya teramat yakin, kedua sahabat tadi dipersatukan oleh kenangan masa lalu, sama halnya dengan si nenek 90-an tahun yang semangatnya seketika bangkit saat menceritakan kenangan hidupnya. Mereka adalah individu-individu yang ‘sendiri’. Mereka hidup dan mempertahankan jiwa mereka dengan kenangan. Kenangan yang indah, kenangan pemberi semangat, pemberi kekuatan.
Barangkali ketika saya belum menikah di usia 27 ini, saya akan bertahan untuk sendiri. Saya akan melanjutkan hidup hanya dengan kenangan. Saya akan melangkah memasuki masa depan seorang diri tanpa seorang laki-laki yang saya cintai di sisi saya. Saya akan melanjutkan hidup dengan menggandeng bayangan seseorang. Seseorang dari masa lalu. Di masa lalu sosok seseorang itu sangat nyata.. Seseorang yang pernah saya dambakan menjadi bagian dari jalan panjang dalam meraih impian dan menemani saya dalam hidup. Sekali lagi, saya hanya akan bersama seorang bayangan. Bayangan yang akan menemani saya sampai ujung usia…yang akan mampu membuat saya merasa bahagia dan merasa cukup.

Mengerikan…!
Ehm..tetapi syukurlah, saya tidak sampai melajang di usia 27 ini🙂 Kenyataannya, hidup saya telah diisi penuh dengan begitu banyak kesibukan, aktivitas rumah tangga, kuliah S2, dan berbagai hal lain… Saya hidup di masa ini, dengan energi yang segar, bukan semata-mata dari kenangan. Tidak dapat saya bayangkan bagaimana orang tua saya jika saya menjadi seperti yang saya paparkan tadi?
Benarlah, betapa Sang Pemberi Hidup telah mengatur kehidupan saya sebaik-baiknya sehingga saya bisa tetap berada di jalan yang seharusnya. Saya telah dijaga dan terlindung dari keputusan-keputusan gila. Dari keputusasaan, dan kesendirian.

—oOo—

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

